Cara Setup DNS Domain dan Hosting

Setelah selesai proses pemilihan nama website dan pendaftaran hosting, maka langkah penting selanjutnya adalah men-setup DNS antara domain dan hosting. Tujuannya adalah agar domain gratis Anda dan hosting bisa saling terhubung dan dapat bekerja sama untuk bisa di akses dari seluruh dunia melalui internet.
1. Klik Disini untuk Login ke account co.cc anda (terbuka dengan window baru)

2. Setelah terbuka, KLIK "Returning User, sign in here"


3. Di halaman berikutnya, masukkan Email, password dan kode capcha, lalu KLIK "Sign In"
Catatan: Jika lupa password, klik "Forget your password?"


4. Setelah berada di member area, lalu klik "Setup" pada domain yang Anda pilih.


5. Pada halaman berikutnya, Klik "Setup" sekali lagi.


6. Akan terbuka kotak baru di bawah, KLIK Lingkaran Kecil di sebelah tulisan 1. Name Server.


7. Isikan :
  • kotak pertama dengan ns01.000webhost.com 
  • kotak kedua dengan ns02.000webhost.com
Lalu KLIK "Set up"


8. KLIK "OK"


9. Proses Setup DNS sudah selesai, website Anda sudah siap untuk di edit dan di beri kontent. Langkah selanjutnya adalah Memberi Template Untuk Website.


Tutorial Sebelumnya
Aktifasi Hosting Gratis 000webhost


Tutorial Selanjutnya
Memberi Template Untuk Website

34 comments:

Anonymous said...

Akhirnya saya bisa membuat website sendiri, terima kasih atas tutorialnya, amat sangat bermanfaat buat saya.
Salam.

Anonymous said...

oke bangettt... sipp. lanjut langkah selanjutnya... thanks

'ncha ada disini said...

setelah di set up hosting, kenapa service tyoe saya masih name server ya?

hndry said...

saya newbie salam kenal..... ^_^
saya baru dalam tahap ini,
setelah sign in, tahap ke 4 tidak opsi set up, domainnya pun kosonng 0, padahal sudah aktive, harus nunggu kah.......??

Dicky Gunawan said...

@'ncha ada disini
Itu karena default.php nya belum di hapus.

@hndry
Saya ngga ngerti tuh gan, kl domainnya sudah kita dapat, pasti ada di daftar domain kita.

Unknown said...

Untuk Zona Record dan URL Forwarding bagaimana? apa perlu disetting juga.

Unknown said...

Saya mencoba untuk hosting, tetapi sudah diikuti alurnya dan di Submit selalu gagal bagaimana solusinya? Thank's

Rudy said...

gan saya blm ngerti pas retrun user,
ko pas masuk ke co.cc ga da domain y?

Anonymous said...

cara mengecek udh brhasil pa gk dri mana Mas?

Dicky Gunawan said...

@Anonymous : cara ceknya bisa dengan mengakses website Anda dengan mengetik nama domain di browser, thanks sudah berkunjung ya :D

Unknown said...

saya sudah menghapus default dhp nya, tetapi setelah di hapus ada tulisan seperti ini INDEX OF/, tolong pencerahanyah

Dicky Gunawan said...

@Imam Outsider : Ketika sudah menghapus default.php, maka di saat mengakses situs maka yg muncul adalah INDEX OF/, karena situs belum di'isi apa2 atau masih kosong, langkah selanjutnya adalah memberi template dan konten atau isi dari situs. Terima kasih sudah berkunjung :D

Unknown said...

Makasih atas pencerahanya, saya sudah berhasil.Saya ingin bertanya lagi
bagaimana caranya login ke website yang sudah selesai? tolong pencerahanyah

Dicky Gunawan said...

@Imam Outsider : Kalau mau melakukan peng'editan website, bisa login di hosting, tp kalau hanya mau melihat tinggal tulis url website di browsernya. Kl sudah berhasil membuat website, jangan lupa untuk mengamalkan serta menyebarkan ilmunya kepada orang lain yg membutuhkan ya sobat, salam hangat :D

Unknown said...

Makasih atas pencerahanya sangat membantu saya, iya bener kita harus bisa mengamalkan ilmu yang kita miliki tentunya. Salam hangat :)

Anonymous said...

ini yang saya cari lengkap dan tidak membingungkan oke

Unknown said...

Terima kasih atas pencerahannya nya dan mohon ijin untuk dapat di copas ke teman ya gan, Terima kasih kaish

Unknown said...

Terima kasih sungguh sangat membantu dan sangat jelas

Unknown said...

kok manage domainnya 0 ya gan...? padahal saya sudah ikutin dgn langkah yg benar

mohon tipsnya terimaksih :)

ccc said...

gan.. ini waktu mengaktifkan hostingnya, tlsn nya masih in progress, jd blm aktif shingga saya tidak bisa mengedit untuk tlsan atau gambar dalam web. apa memang begitu ya gan? kalo dns server dan domainnya sudah saya dptkan smua dan sudah bnr. cm webhost saya yg blm aktif. Trima kasih ^^

Dicky Gunawan said...

@ccc : Di situ ada tombol refresh, coba klik tombol itu gan, biasanya setelah mengklik tombol refresh maka status hosting akan berubah menjadi aktif, Salam hangat :D

doel's said...

problem sy sama dgn suhandi kartunis domainnya masih kosong...tolong solusinya..tq..

Unknown said...

mantaaaap...

thank you verry much...Gan

Anonymous said...

Saya mentok di setup DNS. Mohon bantuannya. Terima kasih.

Anonymous said...

admin, kok nama domain saya dan set up nya gak keluar ??? apanya yang salah ??

Unknown said...

thks bro....

Sandi Yudha said...

Gan...mohon pencerahan gan...soalnya saya agak gaptek...kalau sudah selesai web yang kita buat, kita ingin memuat comment ataupun gambar dalam web kita gimana caranya ya gan...makasih atas pencerahan serta sharingnya...

Dicky Gunawan said...

@Sandi Yudha : Login ke hosting, lalu ikuti tutorial nomor 6 gan :D

Anonymous said...

Mas cara hapus default.php nya gmana ya... mohon pencerahannya.

Dicky Gunawan said...

@Anonymous : Ma'af gan potingannya baru aja di bikin, sekarang udah ada di tutorial no. 5, thanks ya :D

Anonymous said...

Mas Dicky, tolong saya baru belajar neeeh, setelah proses setup DNS selesai, mau proses website builder koq nggak bisa ya, yang muncul seperti ini our domain is not yet pointing to our servers, so services such as FTP, Website Builder or File Manager may not work. You need to update nameservers to ns01.000webhost.com, ns02.000webhost.com for your domain. This warning will be removed once your domain will start resolving to our servers (24-48 hours after the nameserver update). How to update the nameservers?

Dicky Gunawan said...

@Anonymous : kalo baru beres langkah setup DNS, memang harus nunggu gan, coba aja besok login, biasanya bisa ko.

fitri said...

just sharing, kalo domain kosong coba register ulang dengan nama yang sama ..

archie not me said...

kalau misal domainnya pake blogspot.com (bukan co.cc) gimana cara ngganti nameservernya ???

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya. Semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda. Salam Hangat.